Kisah Para Dukun Politik (4): Roper Poll, Setajam Silet

0
432

Sejak kapan jajak pendapat publik dalam kaitan dengan pemilu (election poll) digelar? Riwayatnya sudah hampir dua abad. Tapi, jajak pendapat modern seperti yang kita kenal sekarang menjelang pemilu dan pilkada, baru muncul setelah diperkenalkan oleh Gallup. Berikut kisah para dukun politik dan kesaktiannya, termasuk di Indonesia:

Elmo Roper. Photo: Ropercenter.cornell.edu

Selain Gallup, yang juga memprediksi Roosevelt menang pada pilpres 1936 adalah Elmo Roper. Bahkan, prediksinya lebih tajam dan akurat, karena hanya berselisih 0,9 persen dibanding penghitungan suara resmi. Seperti halnya Gallup, Roper juga menggunakan metodologi ilmiah.

Reputasi Roper kian berkilau setelah secara tepat memprediksi hasil Pilpres 1940 dan 1944. Bahkan, pada Pilpres 1940, selisihnya setajam silet: hanya 0,5 persen. Untuk ukuran saat ini pun, hasil survei para pemilu Roper Poll tersebut tergolong excellent.

Pioner riset pasar

Elmo Roper pun dinobatkan sebagai pollster yang menjadi pioner dari riset pasar dan jajak pendapat publik. Bahkan, dalam situs web-nya, Roper Center menyatakan Roper lah yang pertama menyelenggarakan survei nasional berbasis teknik sampel yang ilmiah. Keberhasilan Roper memprediksi kemenangan Roosevelt sejak Pilpres 1936, menurut Roper Center, turut memapankan polling berbasis ilmiah menjadi sebuah industri.

Photo: Geralt/Pixabay

Sebelum terlibat dalam jajak pendapat Pilpres AS tahun 1936, Roper memang sudah tertarik melakukan riset pasar. Pada tahun 1934, misalnya, Roper turut mendirikan Cherington, Wood, and Roper, sebuah firma riset pasar. Belakangan dia mendirikan perusahaan sendiri, Elmo Roper Inc, karena mitranya bangkrut.

Pada 1935, dia direkrut oleh Henry Luce untuk menggelar survei bagi Fortune. Belakangan, Roper banting setir mendirikan Roper Opinion Research Company (the “Roper Poll”), yang cukup lama menjadi bendera dan trade mark-nya. Tapi, kini, nama tersebut telah diganti menjadi Roper Starch Worldwide Company.

Bersambung…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here