Floating Mass & Voters (4): Pemilih Tanpa Identitas, Partai Tanpa Akar

0
229

Banyak hal yang mengambang hari-hari ini. Pemilih di Indonesia sebagian ternyata adalah pemilih mengambang alias (floating voters). Partai-partainya pun mengamblang alias floating party. Mengapa semua ini bisa terjadi? Adakah hubungannya dengan politik massa mengambang (floating mass) di era Orde Baru? Atau memang partai-partai di Indonesia yang semakin ditinggalkan pemilih setianya?

Partai politik kian tak mengakar. Identifikasi masyarakat terhadap partai politik kian meluncur jatuh. Alhasil, pemilih mengambang (floating voter) semakin melambung. Kecenderungan itu telah dilacak oleh berbagai lembaga survei, salah satunya adalah Lembaga Survei Indonesia (LSI).

Dalam survei bertajuk “Pemilih Mengambang dan Prospek Perubahan Kekuatan Partai Politik”, LSI mendapati tinggal 20 persen pemilih yang mengidentifikasi dirinya dengan partai (memiliki party id), sementara pemilih mengambang telah terbang dengan 80 persen. Dalam sejumlah kajian, pemilih mengambang ini bisa berayun dan memilih partai lain pada pemilu berikutnya (swing voter) atau sekalian tak memilih alias menjadi golput.

Berikut hasil survei LSI dan simulasi sederhana penulis atas hasil survei tersebut; data swing voter per partai sejak Pemilu 1999 hingga Pemilu 2009:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here