Bagaimana Kandidat Presiden Amerika Dinominasikan

0
324

Konvensi nasional partai. Perhelatan inilah yang menjadi muara dari pemilihan pendahuluan (primary, kaukus, dan konvensi) calon presiden Amerika, yang berlangsung di 50 negara bagian (state), District of Columbia (DC), dan lima teritorial.

Pada Pemilu 2020 ini, pagelaran pemilihan pendahuluan Partai Republik dan Partai Demokrat berdekatan. Partai Demokrat lebih dahulu menggelar konvensi pada 17-20 Agustus, bertempat di The Fiserv Forum, Milwaukee, negara bagian Wisconsin. Sedangkan, Partai Republik berencana menggelar konvensi nasional pada 24-27 Agustus, di The Spectrum Center, Charlotte, negara bagian North Carolina.

Photo: Conolan/Pixabay

Sebelumnya, Partai Demokrat menjadwalkan konvensi pada 13-16 Juli. Namun, jadwal tersebut dimundurkan karena wabah covid-19 yang melanda negeri itu. Selain konvensi, pemilihan pendahuluan di sejumlah negara bagian juga telah digeser.

Di Partai Republik, seorang kandidat harus meraih 1.276 delegates untuk memenangkan nominasi. Jumlah ini adalah 50 persen atau separuh dari total 2.550 delegasi. Ke-2.550 delegasi tersebut terdiri atas 2.440 delegasi terikat (pledged delegates) yang didapat dari pemilihan pendahuluan, dan 110 delegasi tak terikat (unpledged delegates).

Delegasi kategori kedua (unpledged delegates) ini biasa disebut sebagai superdelegates. Di Partai Republik, delegasi super ini adalah pimpinan partai negara bagian. Tak seperti pledged delegates yang sudah terikat pada kandidat tertentu, superdelegates ini umumnya memberikan suaranya berdasarkan popular vote (siapa kandidat yang mendapat suara terbanyak dalam pemilihan pendahuluan di cabang partai di negara bagian sang superdelegates).

Di Partai Demokrat, jumlah minimal delegasi untuk memenangkan nominasi dalam Konvensi Nasional Partai Demokrat, adalah 1.991 delegasi. Total delegasi Partai Demokrat yang diperebutkan dalam primary, kaukus, dan konvensi di 50 negara bagian, District of Columbia (DC), lima teritori, dan Democratic Abroad (DA), adalah 3.979. Jumlah 1.991 delegasi tersebut, adalah separuh dari jumlah total delegasi tersebut.

Tapi, ke-3.979 delegasi tersebut, adalah pledge delegates, yang memberikan suaranya pada pemilihan babak pertama (first ballot) Konvensi Nasional Partai Demokrat. Masih ada pemilihan babak kedua (second ballot), yang melibatkan para delegasi super (superdelegates).

Karena adanya faktor superdelegates itulah, Konvensi Nasional Partai Demokrat, lebih dinamis dan mungkin memberikan kejutan-kejutan ––walaupun sebelum konvensi digelar biasanya arahnya sudah terbaca, karena sudah ngeblok ke kandidat tertentu. Jumlah delegasi super ini pun cukup besar. Dalam Konvensi Nasional Partai Demokrat 2020 ini, jumlahnya 771.

Ke-771 superdelegates Partai Demokrat tersebut terbagi atas lima golongan, yaitu:

  1. Sebanyak 26 distinguished party leader (DPL) yang adalah pimpinan partai, bekas presiden, bekas wakil presiden, bekas pimpinan Senat dan DPR, dan bekas ketua Komite Nasional Demokrat (DNC).
  2. Sebanyak 236 anggota DPR (House of Representatives) Partai Demokrat.
  3. Sebanyak 48 anggota Senat Partai Demokrat.
  4. Sebanyak 28 gubernur Partai Demokrat.
  5. Sebanyak 439 anggota DNC (tapi hanya memiliki 435 suara), termasuk ketua dan wakil ketua Partai Demokrat dari setiap negara bagian.

Para kandidat Partai Demokrat yang bertarung dalam pemilihan pendahuluan saat ini, kebanyakan juga memiliki hak suara karena merupakan anggota superdelegates. Joe Biden, misalnya, masuk kategori pertama, karena dia adalah bekas wakil presiden. Bernie Sanders masuk kategori ketiga, karena dia adalah anggota Senat.

Jumlah delegasi yang memberikan suara nya pada second ballot ini adalah 4.750, sehingga kandida Partai Demokrat yang ingin memenangkan nominasi, harus meraih suara minimal dari 2.376 delegasi. ■

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here